dilema UAN....

saya adalah salah satu siswi yang harus mengikuti UAN tahun ini.Untuk SMP ada 4 ma-pel yang diujikan,yaitu BI,MAT,B.Inggris,dan IPA..

Sampai artikel ini saya tulis,saya sudah melewati 2 hari UAN,yaitu untuk mengerjakan BI dan MAT dan dari 2 ma-pel itu,materi soal yang keluar memang cocok dengan SKL dan agak mirip dengan try out2 yang sudah dilakukan. Tapi, untuk tahun ini tingkat kesulitan soalnya cukup tinggi,dan kalau biasanya ujian lebih mudah daripada try out,tapi sepertinya tahun ini soal-soal ujian lebih susah daripada try out.

yang membuat saya ingin menulis artikel ini adalah karena saya tidak suka dengan berita-berita yang saya dengar dan yang sudah menjadi rahasia umum,yaitu kecurangan2 saat UAN. Ada be2rapa sekolah yang sengaja melakukan segala cara(termasuk cara yang salah)untuk membantu murid2nya agar lulus. Seperti,memberi jawaban kepada murid2nya dan yang lebih parah,"biasanya" yg melakukan hal ini adalah sang kepala sekolah.

tapi apakah itu benar?jelas salah. karena, apa gunanya lulus degan nilai bagus dan misalnya nanti diterima di SMA/universitas favorit tapi kita tidak punya ilmu/bekal yang benar2 cukup,itu sama saja bohong.karena tujuan ujian yang sebenarnya dalah sebagai tolak ukur,seberapa jauh kita mengerti tentang pelajaran yang sudah kita pelajari dan menjadi bekal kita untuk terus hidup(bekerja)dan modal mencapai masa depan yang baik.

sebaiknya,sekolah(atau kepala sekolahnya) memberikan contoh yang baik bagi murid2 nya,jgn malah mempengaruhi murid untuk berbuat curang.

ayolh, "KEEP THE SPIRIT" untuk terus menjunjung tinggi kejujuran!!seperti kt tman sy, "JUJUR FOREVER".......

( "KEEP THE SPIRIT" adl slogan ret-reatny kanaan.... )hehehe.....

Diposting oleh dwizZ....^.~

Tidak ada komentar: